Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Halaman

Senin, 10 Juni 2013

Paket RUJAK Kehidupan

Senin, 10 Juni 2013

Aku sering kali kurang menyadari bahwa sesungguhnya kehidupan itu mempunyai dua sisi yang saling melengkapi. Ada senang pasti ada susah. Ada tawa pasti ada tangis. Ada kesuksesan pasti ada kemalangan. Ada perdamaian juga pasti ada pertentangan.

Aku kerap lupa, bahwa hidup tidak harus sukses terus, juga tidak harus bahagia terus. Pun hidup juga tidak harus damai terus, sesekali juga perlu pertentangan.

Aku harus belajar menghentikan keluh, dan mensyukuri apa pun yang diberikan oleh Sang Pemilik Kehidupan padaku.

Teringat dalam perbincangan dengan seorang teman yang memberikan ilustrasi yang indah :

“Tuhan sudah memberikan pada kita paket hidup yang lengkap. Seperti halnya lidah kita yang bisa merasakan rasa asin, manis, pahit, masam, pedas dlsb, demikian juga hidup. Bisakah kita merasakan kebahagiaan jika kita tidak pernah tahu apa itu kesedihan ? Bisakah kita tahu tentang kesuksesan jika kita tidak pernah tahu apa itu kemalangan ?”

Ataukah memang kita lebih suka merasa bahagia terus, dan hanya turut merasakan kesusahan orang lain alias bersimpati dan berempati saja tanpa mau mengalaminya?

Hmmmm, itu seperti halnya pengin makan rujak tapi lihat gambarnya saja cukuplah sudah. Tanpa sensasi !

Tidak merasakan bagaimana serunya mata berkejab-kejab ketika lidah merasakan mangga muda, juga air liur yang menetes merasakan masamnya sang mangga. Sementara itu kita sibuk mencari buah lain, penawar rasa masam itu.

Anda juga tidak akan bisa merasakan pedasnya cabe dan bagaimana mulut kepanasan dan perut kekenyangan air untuk mengatasi rasa pedas. Juga asyiknya merasakan manisnya gula merah di sambal rujak itu.

Masih banyak lagi rasa yang sulit dideskripsikan dalam pertarungan rasa RUJAK KEHIDUPAN. Karena akhirnya, kita bisa merasa puas setelah peluh menetes dan bibir domble akibat kepedesan……. Yah itulah hidup yang sebenarnya.

Jika ada diantara anda belum pernah merasa sedih, atau belum pernah berantem atau belum pernah gagal, artinya hidup anda belum lengkap. (Itu menurut saya, hehehe)

Karena sepertinya Sang Pemilik Kehidupan, sudah menyiapkan buat kita paket lengkap itu.

Aku pun sebaiknya mulai membagikan pengalaman hidupku pada anak-anakku. Sehingga mereka lebih siap menghadapi hidup. Dan mampu merasakan nikmatnya RUJAK KEHIDUPAN nantinya…..Amin.


Semarang, 3 Mei 2013
Peringatan 3 hari suci keluarga kami (4, 5 dan 6)
Kelahiran, pernikahan dan Hadiah cinta…….
Semoga hidupku makin berarti

0 komentar:

Posting Komentar